KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT KELAS VII
Apri Kurniawan, 4101409014 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT KELAS VII)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Materi segiempat merupakan materi yang banyak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga soal-soal yang ada kebanyakan adalah berbentuk soal cerita. Kebanyakan peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal yang berbentuk cerita. Untuk itu diperlukan model atau strategi yang menunjang dalam pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif CIRC dengan pendekatan open-ended. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi pokok segiempat kelas VII dengan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) ada pengaruh aktivitas peserta didik pada pembelajaran model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kuwarasan. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan model CIRC dengan pendekatan Open-Ended dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik berupa kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen sebesar 78,28 dan kelas kontrol sebesar 71,14. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. KKM di SMP N 1 Kuwarasan adalah 75, sedangkan kriteria ketuntasan klasikal yaitu peserta didik yang tuntas secara individual minimal sebesar 75%. Dari hasil uji kesamaan dua rata-rata diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 17:22 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 17:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18792 |
Actions (login required)
View Item |