PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS DRAMA BERBAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESI SASTRA PADA SISWA SMA


Ratna Imani, 2601409118 (2013) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS DRAMA BERBAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESI SASTRA PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS DRAMA BERBAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESI SASTRA PADA SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS DRAMA BERBAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESI SASTRA PADA SISWA SMA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas XII SMA yaitu “menulis naskah drama/sandiwara”. Untuk mencapai ketuntasan kompetensi tersebut siswa harus mampu menulis teks drama berbahasa Jawa dengan lancar namun, berdasarkan observasi awal pada penelitian ini dan wawancara dengan guru dan siswa diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis naskah drama masih kurang. Siswa SMA masih merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis teks drama berbahasa Jawa. Hal tersebut dikarenakan belum tersedia buku khusus yang menyajikan materi tentang bagaimana menulis teks drama berbahasa Jawa. Siswa hanya menggunakan buku teks pembelajaran bahasa Jawa. Buku tentang drama yang ada masih bersifat umum dan bersifat teoretis, belum disesuaikan untuk tingkat SMA. Padahal buku yang dinginkan dan diharapkan oleh siswa maupun guru adalah buku yang lengkap, yaitu mencakup materi yang bersifat teoretis maupun materi yang bersifat praktis. Oleh karena itu, perlu dikembangkan buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa yang sesuai dengan kebutuhan siswa maupun guru. Dalam hal ini peneliti menyusun buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA maupun guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup empat hal, yaitu (1) bagaimana kebutuhan siswa SMA terhadap buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa, (2) bagaimana karakteristik prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa sesuai dengan kebutuhan siswa SMA, (3) bagaimana hasil penilaian dan saran oleh tim ahli terhadap prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa untuk siswa SMA, (4) bagaimana hasil perbaikan prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa berdasarkan penilaian guru dan ahli. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa SMA terhadap buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa, (2) mengetahui karakteristik prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa sesuai dengan kebutuhan siswa SMA, (3) memperoleh hasil penilaian dan saran oleh tim ahli terhadap prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa untuk siswa SMA, (4) memperoleh hasil perbaikan prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa berdasarkan penilaian guru dan ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam buku Sugiyono, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) pengumpulan data, (2) analisis kebutuhan siswa dan guru, (3) desain produk, (4) uji validasi produk, dan (5) revisi dan perbaikan produk. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa langkah, yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan angket untuk memperoleh data kebutuhan buku panduan yang dibutuhkan siswa maupun guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil, yaitu siswa dan guru membutuhkan buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa yang praktis namun tetap mencakup keseluruhan materi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut didapatkan dasar-dasar penyusunan buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa untuk siswa SMA. Proses pembuatan prototipe buku ini diawali dengan memilih dan menyusun draf materi isi yang akan dikembangkan dan disajikan sampai dengan tahap penyelesaian. Prototipe buku yang sudah dikembangkan tersebut kemudian akan diuji validasi oleh tim ahli. Berdasarkan hasil uji validasi oleh tim ahli, pengembangan prototipe buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa sudah sesuai, meskipun masih harus ada beberapa perbaikan baik dari segi isi maupun tampilan. Prototipe yang sudah melalui tahap perbaikan lalu dicetak menjadi buku yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran yang peneliti rekomendasikan yaitu buku panduan menulis teks drama berbahasa Jawa yang peneliti hasilkan dapat digunakan oleh siswa maupun guru dalam pembelajaran menulis teks drama berbahasa Jawa. Buku ini dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan bahan ajar khususnya pada kompetensi menulis teks drama berbahasa Jawa. Dengan adanya buku ini diharapkan nantinya siswa lebih mudah menerima dan memahami materi sehingga siswa dapat menulis teks drama berbahasa Jawa dengan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, menulis, teks drama, berbahasa Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:22
Last Modified: 07 Nov 2013 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18791

Actions (login required)

View Item View Item