FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SUBYEKTIF PADA PUNGGUNG PEKERJA TENUN SARUNG ATBM DI DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG


Khaizun, 6450408082 (2013) FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SUBYEKTIF PADA PUNGGUNG PEKERJA TENUN SARUNG ATBM DI DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SUBYEKTIF PADA PUNGGUNG PEKERJA TENUN SARUNG ATBM DI DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG]
Preview
PDF (FAKTOR PENYEBAB KELUHAN SUBYEKTIF PADA PUNGGUNG PEKERJA TENUN SARUNG ATBM DI DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Angka Prevalensi kejadian nyeri punggung yaitu 7,6% sampai 37% per tahun, masalah nyeri punggung pada pekerja pada umumnya dimulai pada usia dewasa muda dengan puncak prevalensi kelompok usia 25-60 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab yang berhubungan dengan keluhan subjektif pada punggung pekerja tenun sarung ATBM di Desa Wanarejan Utara Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian meliputi pekerja tenun sarung ATBM berjumlah 92 pekerja. Dengan jumlah sampel 46 pekerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, lembar penilaian REBA dan meteran gulung. Hasil analisis hubungan tiap variabel bebas dengan keluhan subjektif pada punggung sebagai berikut: (1) usia (p=0,04, dengan OR=4,583); (2) masa kerja (p=0,02, dengan OR=5); (3) sikap kerja duduk dengan (p=0,43); dan desain kursi kerja (p=0,02 dengan OR=10,3) Berdasarkan hasil penelitian tersebut, faktor yang penyebab keluhan subjektif pada punggung pekerja tenun sarung ATBM di Wanarejan Utara yaitu usia, masa kerja dan desain kursi kerja. Sedangkan faktor bukan penyebab keluhan subjektif pada punggung adalah sikap kerja duduk. Rekomendasi pada pemilik usaha tenun sarung ATBM hendaknya memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan guna meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada para pekerja tenun sarung ATBM di Desa Wanarejan Utara Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keluhan Subjektif pada punggung, Pekerja tenun sarung ATBM, Faktor penyebab
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:23
Last Modified: 07 Nov 2013 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item