KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA SUB MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS-X
Desti Anisa Zoraida, 4101409006 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA SUB MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS-X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL RTE BERBANTUAN MAGIC BOX PADA SUB MATERI JARAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS-X)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika materi pokok Ruang Dimensi Tiga umumnya siswa kurang dapat memvisualisasikan objek matematika yang bersifat abstrak ke dalam bentuk yang konkret. Hal tersebut dapat mengakibatkan siswa kurang paham pada materi yang disampaikan dan rendahnya hasil belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah mengintegrasikan penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan alat peraga. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) diintegrasikan dengan magic box. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model RTE dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu telah memenuhi KKM sebesar ≥75? (2) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas kontrol? (3) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas kontrol? (4) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2? (5) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen- 1 terbaik di antara ketiga kelas? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gombong tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas sembilan kelas. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X.7 sebagai kelas eksperimen-1, kelas X.8 sebagai kelas eksperimen-2, kelas X.9 sebagai kelas kontrol, dan kelas X.6 sebagai kelas uji coba yang dipilih secara random cluster. Simpulan yang didapat dari penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model RTE dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu telah memenuhi KKM sebesar ≥75. (2) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas kontrol. (3) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-2 lebih baik daripada kelas kontrol. (4) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2. (5) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen-1 terbaik di antara ketiga kelas. Berdasarkan simpulan di atas, saran yang dapat direkomendasikan peneliti agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah guru matematika dalam penyampaian sub pokok materi jarak dalam ruang dimensi tiga dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE berbantuan alat peraga dan model pembelajaran RTE dapat dilakukan pada pembelajaran materi lainnya dengan adanya variasi dan inovasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RTE, Sub Materi Jarak, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 17:24 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 17:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18780 |
Actions (login required)
View Item |