IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MENDENGARKAN DAN BERBICARA BAHASA JAWA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIBAGOR


Didik Arif Prabowo, 2601409062 (2013) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MENDENGARKAN DAN BERBICARA BAHASA JAWA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIBAGOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MENDENGARKAN DAN BERBICARA BAHASA JAWA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIBAGOR]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MENDENGARKAN DAN BERBICARA BAHASA JAWA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALIBAGOR)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Meskipun siswa belajar bahasa Jawa sudah lama, namun siswa belum bisa berbicara menggunakan bahasa Jawa dengan baik. Siswa ketika berbicara menggunakan bahasa Jawa, mereka tidak memperhatikan unggah-ungguh basa. Siswa kesulitan berbicara karena tidak hafal kosa kata krama. Hal itu berbanding terbalik dengan keterampilan mendengarkan. Padahal pembelajaran berbicara erat kaitannya dengan pembelajaran mendengarkan. Karena pembelajaran berbicara diperoleh setelah menguasai pembelajaran mendengarkan. Selain masalah dari siswa, pembelajaran di sekolah juga menjadi masalah siswa dalam pembelajaran berbicara. Model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Berdasarkan masalah tersebut, untuk mengatasi kesulitan siswa ketika berbicara yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif. Strategi pembelajaran generatif yang dikembangkan terdiri dari lima tahap yaitu tahap eksploratif, pengfokusan, pengenalan konsep, penerapan konsep, dan analisis kesalahan berbahasa. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan berbicara dan mendengarkan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran generatif berbasis konteks serta siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran generatif berbasis konteks, (2) bagaimana perbedaan hasil pembelajaran berbicara dan mendengarkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) bagaimana perilaku siswa ketika pembelajaran berbicara dan mendengarkan. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII. Variabel penelitian terdiri dari variabel eksperimen, dan variabel kontrol. Bentuk instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes (berbicara dan mendengarkan), dan pedoman observasi. Teknik analisis data yaitu teknik analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada 3, yaitu (1) hasil kemampuan berbicara dan mendengarkan kelas eksperimen sudah melebihi KKM, sedangkan kelas kontrol tidak lulus KKM pada keterampilan berbicara. (2) Berdasarkan hasil uji beda pada keterampilan berbicara, diperoleh t hitung = 11,397 dan sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Pada keterampilan mendengarkan, diperoleh t hitung = 9,665 dan tingkat signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena tingkat signifikasi kurang dari 5%, dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan berbicara dan mendengarkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Perilaku siswa pada kelas eksperimen sudah baik dan siap menerima pelajaran. Siswa serius, aktif serta merespon pembelajaran dengan baik. Ketika diskusi kelompok, sudah berani mengumukakan pendapat dan berpartisipasi aktif dalam kelompok. Siswa sudah berani menanggapi kelompok lain dan berpenampilan sopan serta rapi. Pada kelas kontrol siswa masih kurang siap menerima pelajaran. Siswa masih kurang dari aspek keseriusan, keaktifan dan berani mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok. Ketika bermain peran masih kurang serius. Dalam hal penampilan, masih ada beberapa siswa yang berpenampilan kurang rapi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran generatif berbasis kontekstual dalam pembelajaran berbicara, sehingga siswa dapat berlatih berbicara bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh basa dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tembung Pangrunut : piwulangan generatif, kontekstual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:25
Last Modified: 07 Nov 2013 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item