PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013)

Anjrah Herry Yunanto, 1601910004 (2013) PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE BERMAIN BOWLING ARITMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013))
Download (1534Kb)

    Abstract

    Kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 08 masih rendah karena untuk menyebutkan jumlah benda dengan angka yang melambangkan masih banyak kesalahan, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode bermain bowling aritmatika di TK Kemala Bhayangkari 08 untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan permulaan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang pada bulan Juli-Agustus 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data kuantitatif dan kualititatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut : meningkatnya kemampuan mengenal angka dan berhitung anak 80% dan kinerja guru Baik dengan kriteria pengelolaan ruang dan fasilitas pembelajaran baik, melaksanakan kegiatan pembelajaran baik, mengelola interaksi kelas baik, bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif anak terhadap belajar baik, mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran tertentu baik, Melaksanakan evaluasi proses an hasil belajar baik dan penggunaan bahasa indonesia yang tepat baik.. Berdasarkan data penelitian siklus I diperoleh kemampuan mengenal angka dan berhitung anak mencapai 53%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 70%. Pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 92%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan permainan bowling aritmatika di TK Kemala Bhayangkari 08 dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka dan berhitung pada anak dan meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan permainan bowling aritmatika dalam pembelajaran terutama untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka, menghitung penjumlahan dan pengurangan pada anak usia dini.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode bermain bowling aritmatika, kemampuan kognitif
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: haminati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:27
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:27

    Actions (login required)

    View Item