MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KERJASAMA ANAK DALAM BERMAIN ANGIN PUYUH (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013)


Ria Adistyasari, 1601910003 (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KERJASAMA ANAK DALAM BERMAIN ANGIN PUYUH (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KERJASAMA ANAK DALAM BERMAIN ANGIN PUYUH (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013)]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KERJASAMA ANAK DALAM BERMAIN ANGIN PUYUH (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial dan kerjasama anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 08 kurang maksimal, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kegiatan permainan angin puyuh di TK Kemala Bhayangkari 08 dalam pegembangan keterampilan sosial dan kerjasama anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama adalah apakah permainan angin puyuh dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak melalui kerjasama?. Permasalahan yang kedua adalah apakah faktor pendukung dan kendala dari permainan angin puyuh dalam meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak di TK Kemala Bhayangkari 08?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak dalam bermain angin puyuh dan faktor pendukung dan kendala dari permainan angin puyuh dalam meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak di TK Kemala Bhayangkari 08. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data kuantitatif dan kualititatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut : meningkatnya keterampilan sosial dan kerjasama anak lebih dari 80% dan kenerja guru minimal Baik yaitu dengan presentase 3,00. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil kemampuan keterampilan sosial dan kerjasama anak dalam bermain angin puyuh adalah 45% dengan kategori sangat kurang, kemudian dilanjutkan perbaikan ke siklus II dan hasil penelitian meningkat sebesar 70% dengan kategori cukup. Untuk lebih memaksimalkan keterampilan sosial dan kerjasama anak melalui bermain angin puyuh, peneliti melanjutkan perbaikan ke siklus III dengan peningkatan sangat baik menjadi 90%. Berdasarkan dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain angin puyuh di TK Kemala Bhayangkari 08 dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak dan juga meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan permainan angin puyuh dalam memberikan pembelajaran terutama untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, kerjasama dan bermain angin puyuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:28
Last Modified: 07 Nov 2013 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item