PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU HONORER (Studi Kasus Guru Honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung)


Cici Asterya Dewi, 3501406549 (2013) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU HONORER (Studi Kasus Guru Honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU HONORER (Studi Kasus Guru Honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung)]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU HONORER (Studi Kasus Guru Honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung))
Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini guru yang bekerja di berbagai sekolah negeri sering kali masyarakat mengira bahwa guru tersebut adalah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal tidak semua guru yang bekerja di sekolah-sekolah negeri berstatus PNS tetepi ada yang berstatus guru honorer atau guru tidak tetap. Guru honorer yang bekerja pada sekolah negeri sampai saat ini belum memiliki standar gaji dan jumlah kompensasi yang menitik beratkan pada jam pembelajaran, tingkat jabatan dan tanggung jawab masa depan siswanya. Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) memiliki peran yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran karena fungsi utama guru adalah merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Oleh sebab itu menumbuhkan motivasi kerja guru sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru honorer SMAN Rumpun IPS Se-Kecamatan Temanggung yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan teknik census sampling, yaitu metode pengumpulan data dimana seluruh populasi diselidiki tanpa terkecuali. Sampel yang diambil dari semua populasi yang ada, yaitu 30 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan cara kuesioner. Kuesioner merupakan daftar pertanyaan yang dipakai sebagai pedoman untuk melakukan wawancara dan Tanya jawab denagan responden mengenai motivasi kerja dan kinerja guru honorer. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru honorer. Berdasarkan hasil penelitian diketahui motivasi kerja menghasilkan koefisien regresi 0,381 dan tingkat signifikan sebesar 0,038 < 0,05, sehingga hipotesis motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru honorer diterima. Sebesar 14,6% motivasi kerja dapat mempengaruhi kinerja guru honorer, artinya motivasi kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru honorer tetapi pengaruhnya kecil. Sedangkan sisanya 85,4% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel motivasi kerja. Adapun variabel yang mempengaruhi kinerja guru honorer sangat kompleks misalnya lingkungan kerja, kompensasi, kepemimpinan dan pengembangan karir. Saran yang diajukan adalah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru honorer oleh sebab itu pihak kepegawaian SMAN Se-Kecamatan Temanggung perlu meningkatkan motivasi kerja dengan memperbaiki indikator motivasi kerja yang masih kurang yaitu selalu siap jika dalam suatu rapat ditunjuk sebagai pimpinan rapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, kinerja guru honorer
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:25
Last Modified: 07 Nov 2013 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item