PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2D MENGGUNAKAN MODUL DI SMK WALISONGO SEMARANG
Miftakhurrizqi Amarullah, 5201406509 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2D MENGGUNAKAN MODUL DI SMK WALISONGO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR CAD 2D MENGGUNAKAN MODUL DI SMK WALISONGO SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan prestasi belajar siswa jika menggunakan modul pada menggambar CAD 2D di SMK WALISONGO Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan dengan mempergunakan modul mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan jenis Quasi Experiment dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK WALISONGO. Karena subjeknya dibawah 100, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Maka peneliti membagi kelas menjadi dua kelompok, yaitu satu kelas kelompok kontrol dan satu kelas kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis menunjukan bahwa hasil belajar menggambar CAD 2D yang menggunakan modul lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa peningkatan tersebut adalah akibat perlakuan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul , hasil belajar belajar, menggambar AutoCAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 10:57 |
Last Modified: | 06 Nov 2013 10:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18762 |
Actions (login required)
View Item |