KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEAsDENGAN MENGINTEGRASIKAN NKB TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS X

Achmad Fauzan, 4101409004 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEAsDENGAN MENGINTEGRASIKAN NKB TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEAsDENGAN MENGINTEGRASIKAN NKB TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS X)
Download (9Mb)

    Abstract

    Salah satu ketrampilan proses yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika menurut National Council of Teacher Mathematics (NTCM) (2000) adalah kemampuan representasi matematis. Selain itu, perlu adanya peningkatan kepercayaan diri (self-efficacy) dalam pembelajaran matematik, hal ini dikarenakan motivasi dalam diri sangatlah dibutuhkan dalam proses pembelajaran matematika sehingga siswa dapat mengenal kemampuannya sendiri dan menggabungkan informasi-informasi yang diperolehnya sehingga utuh dan maksimal dalam pembelajaran matematika. Disamping kemampuan intelektual siswa, perlu juga diintegrasikan Nilai Karakter Bangsa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal, (2) apakah kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik daripada pembelajaran dengan model ekspositori, (3) apakah self-efficacy siswa dengan pembelajaran MEAs diintegrasikan NKB lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori. Metode Penelitian yang digunakan menggunakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan model MEAs dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan model ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil tes kemampuan representasi matematis diperoleh 24 dari 26 siswa atau sebanyak 92,31% > 75% dari KKM yang ditentukan, (2) rata-rata representasi matematis kelas eksperimen (81,31) lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol (62,1), (3) rata-rata kemampuan self-efficacy kelas eksperimen (96,92) lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol (61,76). Simpulan yang diperoleh: (1) pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal, (2) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik dengan model ekspositori pembelajaran konvensional, dan (3) self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Representasi Matematis, Model Eliciting Activities (MEAs), Self-efficacy.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:28
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:28

    Actions (login required)

    View Item