ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME PER KAPASITAS DAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN PANTURA KABUPATEN BREBES

Ali Murtopo, 5101409018 (2013) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME PER KAPASITAS DAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN PANTURA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME PER KAPASITAS DAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN PANTURA KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1147Kb)

    Abstract

    Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2011 menunjukan angka yang tinggi yaitu 16,43% dari 33 propinsi di Indonesia. Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang menyumbangkan tingginya angka kecelakaan tersebut. Terjadinya kecelakaan berbeda karakternya di masing-masing kelas jalan, begitu juga jalan pantura. Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas. Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakan di pantura adalah rasio volume per kapasitas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola hubungan rasio volume per kapasitas terhadap angka kecelakaan di jalan pantura Kabuten Brebes yang ditinjau secara umum, berdasarkan jenis kecelakaan dan tingkat keparahan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi bagi dinas terkait agar menjadikan saran terhadap pelayanan keselamatan yaitu pengurangan angka kecelakaan lalu lintas. Penelitian dilakukan di jalan pantura Kabupaten Brebes yang dibagi menjadi beberapa ruas per kecamatan yaitu Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Data yang digunakan adalah data-data pada tahun 2012, yang meliputi data inventori jalan, volume arus puncak dan data kecelakaan. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menganalisis hubungan antara rasio volume per kapasitas dan kecelakaan lalu lintas secara umum, menurut jenis kecelakaan dan bobot kecelakaan lalu lintas. Analisis dilakukan dengan regresi dan korelasi menggunakan bantuan aplikasi Ms. Office Excell. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecelakaan di jalan pantura menunjukan hubungan polinomial positif dengan titik balik maksimum 0,3 sampai 0,4. Rumus terjadinya kecelakaan adalah y = -6193x2 + 4733x – 5,56. Pada hubungan antara rasio volume per kapasitas dan angka kecelakaan jenis tunggal dan multi menunjukan hubungan polinomial yang berbeda. Pada kecelakaan tunggal menunjukan hubungan polinomial negatif sedangkan pada kecelakaan multi menunjukan hubungan polinomial positif. Berdasarkan bobot keparahan, kecelakaan dengan rata-rata bobot keparahan tertinggi terjadi pada rasio volume per kapasitas yang sedang yaitu antara 0,5 sampai 0,6. Hubungan rasio volume per kapasitas dan angka kecelakaan menunjukan hubungan polinomial positif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: rasio volume per kapasitas, angka kecelakaan, jalan pantura
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Nov 2013 05:44
    Last Modified: 06 Nov 2013 05:44

    Actions (login required)

    View Item