KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENILAIAN SERUPA PISA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATERI SEGIEMPAT


Ika Fitriyani, 4101409003 (2013) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENILAIAN SERUPA PISA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENILAIAN SERUPA PISA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATERI SEGIEMPAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENILAIAN SERUPA PISA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATERI SEGIEMPAT)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Brati masih rendah. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Model pembelajaran PBL dengan penilaian serupa PISA dimulai dengan pemberian masalah serupa PISA yang sesuai dengan dunia nyata sehingga peserta didik aktif mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model PBL dengan penilaian serupa PISA efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Brati pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Brati tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL dengan penilaian serupa PISA dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes tertulis dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis serta lembar observasi aktivitas dan kualitas pembelajaran. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata pada kelas eksperimen, uji perbedaan dua rata-rata, uji proporsi pada kelas eksperimen, uji perbedaan dua proporsi dan analisis regresi. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen mencapai KKM individual; (2) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) proporsi peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai KKM klasikal; (4) proporsi peserta didik pada kelas eksperimen yang mencapai KKM lebih baik daripada kelas kontrol; (5) terdapat pengaruh positif antara aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen dan (6) kualitas pembelajaran pada kelas eksperimen minimal memiliki kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dengan penilaian serupa PISA efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi segiempat. Bagi peneliti lain yang tertarik menggunakan model pembelajaran PBL dengan penilaian serupa PISA disarankan untuk dapat mengatur waktu secara efektif agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Penilaian Serupa PISA, Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:29
Last Modified: 07 Nov 2013 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18757

Actions (login required)

View Item View Item