PENGARUH KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KETEPATAN TENDANGAN TERHADAP HASIL TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA KLUB SEPAK BOLA PERSILANG DIVISI II LIGA JEPARA


Novit Saputra, 6211409084 (2013) PENGARUH KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KETEPATAN TENDANGAN TERHADAP HASIL TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA KLUB SEPAK BOLA PERSILANG DIVISI II LIGA JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KETEPATAN TENDANGAN TERHADAP HASIL TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA KLUB SEPAK BOLA PERSILANG DIVISI II LIGA JEPARA]
Preview
PDF (PENGARUH KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KETEPATAN TENDANGAN TERHADAP HASIL TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA KLUB SEPAK BOLA PERSILANG DIVISI II LIGA JEPARA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pengaruh kekuatan otot tungkai terhadap hasil tendangan ke arah gawang pada pemain sepak bola, 2) untuk mengetahui pengaruh kecepatan lari terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola, 3) untuk mengetahui pengaruh ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola, 4)untuk mengetahui pengaruh kekuatan otot tungkai, kecepatan lari dan ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangan yang berguna bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dalam mengetahui pengaruh kekuatan otot tungkai, kecepatan lari dan ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota klub sepakbola Persilang Divisi II Liga Jepara yaitu 18 orang pemain. Variabel dalam penelitian ini adalah kekuatan otot tungkai, kecepatan lari dan ketepatan tendangan sebagai variabel bebas serta ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tekniksurvei dengan tes dan pengukuran. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisisregresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa hipotesis pertama diterima yaitu terdapat pengaruh kekuatan otot tungkai terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pada analisis regresi linear berganda. Jadi apabila kekuatan otot tungkai semakin baik, maka akan semakin tepat hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. (2) Berdasarkanhasil pengujian hipotesis kedua diperoleh bahwa terdapat pengaruh kecepatan lari terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pada analisis regresi linear berganda. Jadi apabila semakin tinggi kecepatan larinya maka akan semakin tepat hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh bahwa terdapat pengaruh ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pada analisis regresi linear berganda. Jadi apabila semakin baik ketepatan tendangan maka akan semakin tepat hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. (4) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis keempat diperoleh bahwa terdapat pengaruh kekuatan otot tungkai, kecepatan lari dan ketepatan tendangan terhadap hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pada analisis regresi linear berganda. Artinya apabila kekuatan otot tungkai semakin besar, kecepatan lari semakin tinggi, serta ketepatan tendangan semakin akurat, maka akan semakin meningkatkan jumlah hasil tendangan kearah gawang pada pemain sepak bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Otot tungkai, kecepatan lari,dan ketepatan tendangan
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:28
Last Modified: 07 Nov 2013 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item View Item