TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


Nur Azizah, 1601409035 (2013) TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN]
Preview
PDF (TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara selalu dibutuhkan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Berdasarkan pengamatan di lapangan, kemampuan berkomunikasi pada anak usia 5-6 tahun masih dalam taraf rendah, sehingga masih banyak kosakata yang harus dikuasai untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Peningkatan kemampuan komunikasi pada anak tersebut dapat dilakukan melalui metode bermain peran yang terdiri dari dua jenis yaitu metode bermain peran makro dan mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara ditinjau dari metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun. Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen The Reversed-Treatment Nonequivalent Control Group Design with Pretest and Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Negeri Pembina Pekalongan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terambil dua sampel yaitu Kelas B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Barat dengan 30 peserta didik sebagai kelompok eksperimen, dan kelas B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Pekalongan Utara dengan 30 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Analisis perhitungan t test posttest menghasilkan nilai nilai thitung sebesar 4,243 > ttabel sebesar 2,002. Nilai sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata atau mean keterampilan berbicara pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 26,03. Sedangkan pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 40,9. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berbicara antara kelompok anak yang diberi perlakuan dengan metode bermain peran makro dan mikro. Peningkatan keterampilan berbicara pada anak yang diberi perlakuan dengan metode bermain peran makro lebih tinggi daripada peningkatan keterampilan berbicara pada anak yang diberi perlakuan dengan metode bermain peran mikro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran Makro dan Mikro, Keterampilan Berbicara, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:31
Last Modified: 07 Nov 2013 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item View Item