PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATERI STRUKTUR DAN FUNGI SEL DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS FLASH
Tri Yuniyatul Khikmah, 4401408097 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATERI STRUKTUR DAN FUNGI SEL DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS FLASH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATERI STRUKTUR DAN FUNGI SEL DILENGKAPI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS FLASH)
- Published Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Bumiayu materi struktur dan fungsi sel merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas XI, terlihat dari sebagian besar siswa yang belum mencapai KKM (75). Semangat belajar siswa yang rendah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta istilah-istilah ilmiah yang belum dipahami dimungkinkan menjadi penyebabnya. Penyebab lain yaitu keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Bumiayu, mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan CD interaktif materi struktur dan fungsi sel dilengkapi teka-teki silang berbasis flash. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan diujicobakan menggunakan desain One-shot case study. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 34 siswa dan uji coba skala luas dilakukan pada 68 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu. Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Bumiayu adalah LKS, LDS, buku paket, modul, gambar, video, dan media slide Microsoft power point, namun media berbasis komputer belum tersedia. Penilaian pakar menunjukan bahwa CD interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba menunjukan hasil belajar secara klasikal ≥ 80% siswa mencapai KKM (80) dan secara klasikal persentase penilaian aktivitas siswa ≥ 81% dengan kriteria aktif dalam proses pembelajaran. Tanggapan siswa dan guru menunjukan CD interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash baik digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CD interaktif, media pembelajaran, teka-teki silang berbasis flash, struktur dan fungsi sel |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 10:32 |
Last Modified: | 06 Nov 2013 10:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18751 |
Actions (login required)
View Item |