PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ANAK MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA DAN MEDIA FUN WORKS BERDASARKAN KURIKULUM PERMENDIKNAS NO. 58 TAHUN 2009


Titik Khomsatun, 1601408037 (2013) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ANAK MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA DAN MEDIA FUN WORKS BERDASARKAN KURIKULUM PERMENDIKNAS NO. 58 TAHUN 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ANAK MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA DAN MEDIA FUN WORKS BERDASARKAN KURIKULUM PERMENDIKNAS NO. 58 TAHUN 2009]
Preview
PDF (PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ANAK MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA DAN MEDIA FUN WORKS BERDASARKAN KURIKULUM PERMENDIKNAS NO. 58 TAHUN 2009)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya untuk membantu menstimulasi anak tumbuh dan berkembang sesuai tingkat perkembangannya dengan dilandasi hasil studi multidisiplin. Pembelajaran merupakan proses komunikasi melalui media pembelajaran baik berupa lembar kerja atau media fun works supaya pesan pendidikan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, efektif dan efisien. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar menggunakan lembar kerja dan media fun works berdasarkan kurikulum permendiknas No. 58 tahun 2009. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar anak menggunakan lembar kerja dan media fun works berdasarkan kurikulum permendiknas No.58 tahun 2009. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan True Eksperimental design melalui Pretest-posttest Control Group Design yaitu mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Eksperimen dilakukan pada aktivitas dan hasil belajar menggunakan media fun works Populasi penelitian ini adalah Lembaga PAUD Kecamatan Gunungpati yang menggunakan lembar kerja pada proses pembelajarannya. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling, yaitu empat RA di Kecamatan Gunungpati. Metode Pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan angket. Analisis data menggunakan t paired sample t-test antara pretest-posttest aktivitas dan hasil belajar kelompok kontrol dan eksperimen. Peningkatan rata-rata aktivitas kelompok kontrol sebesar 7,2 dari rata-rata pretest 86,47 menjadi 93,67 nilai posttest yaitu 0,083% sedangkan kelompok eksperimen sebesar 21,94 dari rata-rata pretest 88,23 menjadi 110,17 nilai posttest yaitu 0,248%. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil uji t kelompok kontrol (-3,630<-2,015) dan kelompok eksperimen (-19,162<-2,015) dengan nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05. Peningkatan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 4,44 dari rata-rata pretest 77,43 menjadi 81,87 nilai posttest yaitu 0,057% sedangkan kelompok eksperimen sebesar 9,93 dari rata-rata nilai pretest 79,17 menjadi 89,10 nilai posttest yaitu 0,125%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, aktivitas, lembar kerja, media fun works, hasil Pembelajaran, Kurikulum Permendiknas No. 58 tahun 2009
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:31
Last Modified: 07 Nov 2013 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item View Item