EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALBUM VERTEBRTA TAMAN MARGASATWA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP ANNINDLOMIYAH KENDAL


Luthfiana Maulida, 4401408068 (2013) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALBUM VERTEBRTA TAMAN MARGASATWA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP ANNINDLOMIYAH KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALBUM VERTEBRTA TAMAN MARGASATWA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP ANNINDLOMIYAH KENDAL]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALBUM VERTEBRTA TAMAN MARGASATWA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI SMP ANNINDLOMIYAH KENDAL) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pemanfaatan Album Vertebrata Taman Margasatwa Semarang sebagai sumber belajar dengan model Group Investigation. Berdasarkan hasil pengamatan, ketuntasan belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2011/2012 materi Keanekaragaman Makhluk Hidup masih rendah, yaitu 31%, selain itu nilai rata-rata kelas sebesar 66, belum mencapai KKM (68). Sumber belajar dan strategi pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Pembelajaran dengan memanfaatkan Album Vertebrata Taman Margasatwa Semarang dengan model Group Investigation diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan diambil dari dua kelas yang ada, satu sebagai kelas eksperimen dan yang lain sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh, yaitu data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, data kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata keaktifan 89,29% pada kelas eksperimen dan 51,72% pada kelas kontrol. Hasil uji Gain menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen yang mempunyai gain tinggi sebesar 14,26% dan kelas kontrol sebesar 3,45%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal 85,71% dan kelas kontrol sebesar 72,41%. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kinerja guru dalam pembelajaran memperoleh kriteria baik. Selain itu, siswa dan guru memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil di atas, maka pemanfaatan Album Vertebrata Taman Margasatwa Semarang sebagai sumber belajar dengan model Group Investigation terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Annindlomiyah Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Album Vertebrata Taman Margasatwa Semarang, Group Investigation, aktivitas dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2013 10:24
Last Modified: 06 Nov 2013 10:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18746

Actions (login required)

View Item View Item