EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN TGT MELALUI PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONSERVASI BUDAYA BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF


Dheny Wawan Febrian, 4101408181 (2013) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN TGT MELALUI PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONSERVASI BUDAYA BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN TGT MELALUI PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONSERVASI BUDAYA BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF]
Preview
PDF (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN TGT MELALUI PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONSERVASI BUDAYA BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada aspek berpikir kreatif dengan model pembelajaran TGT dengan pendekatan PMRI berbantuan permainan tradisional pada materi bilangan bulat dapat mencapai KKM, apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif dengan model pembelajaran tersebut lebih dari dengan rata-rata kemampuan siswa dengan model pembelajaran ekspositori, serta mengetahui kriteria tingkat berpikir kreatif siswa serta mengetahui kategori kualitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen tahun ajaran 2012/2013 (288 siswa). Dengan pemilihan sampel kelas VII A, 36 siswa (eksperimen) dan kelas VII C 36 siswa (kontrol) melalui cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode tes dan observasi. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif pada kedua sampel penelitian diperoleh hasil bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran TGT dengan pendekatan PMRI berbantuan Permainan Tradisional telah memenuhi ketuntasan KKM klasikal dan individual, kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih dari kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol, serta kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dapat dikriteriakan sebagai kemampuan berpikir kreatif tingkat atas, kualitas pembelajaran yang berlangsung dapat dikategorikan dalam kategori baik. Sehingga pembelajaran TGT melalui pendekatan PMRI berbasis konservasi budaya dengan berbantuan permainan tradisional dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika kelas VII terutama pada bilangan bulat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, TGT, PMRI, permainan tradisional.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:30
Last Modified: 07 Nov 2013 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item