PENGARUH PROGRAM PARIWISATA OLAHRAGA BOROBUDUR INTERHASH 2012 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE DAERAH TUJUAN WISATA KABUPATEN MAGELANG


Billy Castyana, 6211409057 (2013) PENGARUH PROGRAM PARIWISATA OLAHRAGA BOROBUDUR INTERHASH 2012 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE DAERAH TUJUAN WISATA KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROGRAM PARIWISATA OLAHRAGA BOROBUDUR INTERHASH 2012 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE DAERAH TUJUAN WISATA KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (PENGARUH PROGRAM PARIWISATA OLAHRAGA BOROBUDUR INTERHASH 2012 DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE DAERAH TUJUAN WISATA KABUPATEN MAGELANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pariwisata olahraga telah dimulai sejak tahun 1970-an dan dari penelitian ini telah membuktikan bahwa even olahraga memiliki dampak yang besar pada sektor pariwisata. Namun di Indonesia, hanya sedikit masyarakat dan pemerintah yang peduli dengan pelaksanaan even olahraga. Padahal dengan adanya penyelenggaraan even olahraga sangatlah berpengaruh pada bidang ekonomi, politik, dan pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program pariwisata olahraga Borobudur InterHash 2012 dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tujuan wisata Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, ada dua jenis data yang digunakan, data primer diambil dengan menggunakan metode dokumenter, yaitu data tentang jumlah wisatawan yang diambil dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, dan data sekunder dengan menggunakan wawancara untuk para pedagang yang berada di sekitar daerah tujuan wisata serta semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan Borobudur InterHash 2012. Selain itu, data sekunder juga berasal dari angket yang diberikan kepada para wisatawan untuk mengetahui alasan mereka datang ke Kabupaten Magelang. Penganalisisan data menggunakan dengan teknik persentase untuk data primer sehingga dapat dilihat peningkatan wisatawan dari selisih data wisatawan sebelum dan sesudah kemudian dipersentasekan serta data sekunder diambil untuk mengetahui mengapa wisatawan datang ke Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kunjungan wisatawan. Di daerah tujuan wisata Candi Borobudur terjadi peningkatan wisatawan hingga 35,97%. Di daerah tujuan wisata Candi Mendut terjadi peningkatan wisatawan mencapai 94,64%. Di daerah tujuan wisata Ketep Pass terjadi peningkatan wisatawan hingga 37,04%. Saran yang dapat diberikan bahwa dalam kegiatan olahraga yang berlangsung di daerah tujuan wisata hendaknya dapat terus dilaksanakan. Hal ini berkaitan dengan usaha promosi dan pengenalan tentang daerah tujuan wisata di daerah tersebut sebagai jalan untuk menarik wisatawan berkunjung secara kontinyu atau berkelanjutan ke daerah tujuan wisata supaya tidak hanya bulanbulan awal saja terjadi peningkatan pengunjung tetapi akan berkurang kembali di bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itu, seharusnya pemerintah dapat membuat suatu MoU dengan travel agency sehingga dapat menciptakan suatu kerjasama untuk mendatangkan para wisatawan ke Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Olahraga, Wisatawan, Daerah Tujuan Wisata
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:32
Last Modified: 07 Nov 2013 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item