PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PETUNJUK MELALUI THE REAL THINGS MEDIA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2006/2007


Deni Kurnia Rahayu , 2101403005 (2007) PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PETUNJUK MELALUI THE REAL THINGS MEDIA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PETUNJUK MELALUI THE REAL THINGS MEDIA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2006/2007] PDF (PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PETUNJUK MELALUI THE REAL THINGS MEDIA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII-E SMP 1 KERSANA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengerjakan dan melaksanakan sesuatu dipandu oleh petunjuk tertulis agar aktivitas tersebut berjalan dengan baik. Penulisan petunjuk yang baik memudahkan pembaca dalam melakukan apa yang dicantumkan didalamnya. Oleh karena itu, semakin banyak berlatih menulis petunjuk, semakin besar kemungkinan untuk dapat menguasi keterampilan tersebut. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan menulis petunjuk siswa kelas VIII-E SMP 1 Kersana masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kesulitannya menuangkan ide untuk menulis petunjuk, dan akhirnya tulisan mereka kurang variatif. Faktor eksternal muncul dari pemilihan strategi dan teknik yang digunakan guru. Penggunaan the real things media menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah dari faktor-faktor tersebut. Selain itu, juga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis petunjuk siswa kelas VIII-E SMP 1 Kersana Kabupaten Brebes. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana peningkatan kemampuan menulis petunjuk pada siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes setelah diterapkan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan melalui the real things media dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes setelah diterapkan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan melalui the real things media. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis petunjuk pada siswa kelas VIII-E SMP 1 Kersana Kabupaten Brebes sebanyak 42 responden. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis petunjuk setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan the real things i media melalui pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VIII-E SMP 1 Kersana Kabupaten Brebes yang meliputi tes siklus I dan tes siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,99 atau sebesar 68,99%. Pada siklus II meningkat sebesar 10,20% dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 79,19. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis petunjuk dengan penggunaan the real things media melalui pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan. Peningkatan keterampilan menulis petunjuk ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas VIII-E SMP 1 Kersana. Perilaku siswa mengalami perubahan menjadi lebih baik. Pada siklus II siswa terlihat lebih antusias mengikuti pembelajaran dan lebih tertarik terhadap pola pembelajaran yang diterapkan guru. Selain itu, siswa juga terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan the real things media melalui pendekatan PAKEM pada pembelajaran menulis petunjuk karena dengan pembelajaran ini terbukti dapat mendorong siswa untuk aktif berpikir dan berusaha mengalami serta membangun sendiri pengetahuan dan informasi yang mengaitkannya ke dunia nyata siswa. Dengan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan suasana belajar menjadi lebih hidup, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta siswa merasa terhibur ketika mempraktikan sendiri petunjuk yang mereka buat. Selain itu, penggunaan the real things media dalam pembelajaran menulis petunjuk merupakan alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan siswa mendapat pengetahuan dan pengalaman yang utuh, lengkap, dan langsung yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, melainkan dari hasil menemukan sendiri gambaran kenyataan sepenuhnya. Hal ini menyebabkan tidak menimbulkan kesan yang salah terhadap petunjuk yang ditulis. Siswa dapat menuliskan urutan yang benar sesuai pengalaman yang diperolehnya lewat belajar melalui berbuat di dalam kelas. Jadi kemungkinan kesalahan-kesalahan dalam menulis petunjuk seperti tata urutan penulisan tidak terbalik lagi, petunjuk jelas, tidak mengalami hambatan dalam menuangkan ide, serta pengetahuan dan pengalaman didapat langsung dalam pembelajaran menulis petunjuk. Pengalaman belajar seperti ini mungkin tidak biasa terjadi di kelas-kelas konvensional; dan (2) para peneliti dalam bidang pendidikan maupun bahasa, dapat melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan pola pembelajaran yang berbeda untuk mengembangkan khazanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis petunjuk, the real things media, pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 07:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item