KEEFEKTIFAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Herfi Atrinawati Munawar, 4101408170 (2013) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran konvensional yang kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher centered) serta anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan kurang menarik karena media pembelajaran yang ada masih sangat kurang menjadikan peserta didik kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga komunikasi yang terjadi hanyalah komunikasi satu arah yaitu dari guru ke peserta didik. Hal ini menjadikan peserta didik tidak mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki. Akibatnya, pembelajaran menjadi kaku, terlalu serius dan kurangnya sikap kerja sama pada masing-masing individu peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Pendekatan Aptitute Treatment Interaction Berbantuan CD Interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran dengan pendekatan Aptitude Treatment Interaction berbantuan CD interaktif mencapai ketuntasan belajar? (2) Apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Aptitude Treatment Interaction berbantuan CD interaktif lebih baik daripada pembelajaran konvensional? (3) Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik? Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas IX B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Hasil uji proporsi menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dengan presentase sebesar 96,67%. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mencapai 84 lebih dari rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang hanya mencapai 76,19. Sedangkan hasi uji regresi menunjukkan bahwa motivasi peserta didik kelas eksperimen berpengaruh positif sebesar 81% terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Aptitude Treatment Interaction Berbantuan CD Interaktif lebih efektif daripada Pendekatan Konvensional untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aptitude Treatment Interaction, CD interaktif, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:32
Last Modified: 07 Nov 2013 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

View Item View Item