PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOFILM PATI GEMBILI-KITOSAN DENGAN PLASTICIZER POLIVINIL ALKOHOL (PVA)


Dyah Listiyaningsih, 4350408060 (2013) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOFILM PATI GEMBILI-KITOSAN DENGAN PLASTICIZER POLIVINIL ALKOHOL (PVA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOFILM PATI GEMBILI-KITOSAN DENGAN PLASTICIZER POLIVINIL ALKOHOL (PVA)]
Preview
PDF (PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOFILM PATI GEMBILI-KITOSAN DENGAN PLASTICIZER POLIVINIL ALKOHOL (PVA)) - Published Version
Download (42MB) | Preview

Abstract

Penelitian Biofilm dari pati gembili-kitosan dengan plasticizer polivinil alkohol (PVA) yang telah dilakukan dengan pembuatan pati dari umbi gembili. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki karakterisasi sifat mekanik biofilm dari variasi komposisi konsentrasi pati (1, 2, 3, 4, 5)%, ditambahkan massa polivinil alkohol (PVA) sebanyak (1, 2, 3) gram dan komposisi terkendali kitosan 2% (b/v) dengan menggunakan metode pembuatan dope dari larutan pati, larutan kitosan dan PVA diaduk kemudian dicetak, didiamkan 24 jam dan di keringkan dalam oven menghasilkan kehilangan berat berkisar antara 11,78-88,64% pada uji biodegradabilitas dan kuat tarik optimal sebesar 34,46 Mpa pada penambahan 3 gram PVA dan 4%. Biofilm ini bersifat hidrofililik lemah karena nilai ketahanan air mencapai 57,09% pada penambahan 2% pati dan 3 gram PVA dengan hasil optimal sebesar 13,05% pada penambahan 1 gram PVA dan 1% pati. Hasil ini dipengaruhi komponen penyusunnya yaitu pati dan polivinil alkohol (PVA) yang bersifat hidrofil. Hasil analisis gugus fungsi FT-IR pada biofilm menunjukkan adanya gugus C=O karbonil dan C-O ester sehingga dapat terdegradsi oleh mikroorganisme dan biofilm dikatakan ramah terhadap lingkungan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar didapatkan hasil sintesis biofilm yang lebih tahan terhadap air.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pati gembili, Kitosan, Polivinil alkohol (PVA), Biofilm, FT-IR
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2013 09:41
Last Modified: 06 Nov 2013 09:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item