KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP KONEKSI MATEMATIK DAN KEYAKINAN DIRI SISWA SMP


Yesy Wulandari , 4101408161 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP KONEKSI MATEMATIK DAN KEYAKINAN DIRI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP KONEKSI MATEMATIK DAN KEYAKINAN DIRI SISWA SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SEGIEMPAT TERHADAP KONEKSI MATEMATIK DAN KEYAKINAN DIRI SISWA SMP)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal matematika. Kesulitan ini juga dipengaruhi oleh kemampuan koneksi matematik dan keyakinan diri siswa yang masih rendah.Sehingga hasil belajarnya juga rendah. Model pembelajaran yang dipilih ikut berpengaruh dalam mengoptimalkanhasil belajar siswa. Selain itu peran guru juga berpengaruh dalam mempermudah siswa memahami materi yang disajikan. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek merupakan alternatif yang diberikan dalam penelitian ini. Dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek diharapkan siswa dapat mengoptimalkankemampuan koneksi matematik dan keyakinan diri siswasehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan koneksi matematik siswa; dan menyelidiki keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keyakinan diri siswa kelas VII SMPN 1 Kroya-Cilacap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Kroya-Cilacap tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 252 siswa tersebar di tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling,sehingga diperoleh kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Dalampenelitian ini variabel bebas adalah model pembelajaran berbasis proyek dan variabel terikatnya adalah koneksi matematik dan keyakinan diri.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap koneksi matematik siswa; (2) model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap keyakinan diri siswa. Berdasarkan penelitian tersebut maka peneliti menyarankan ketika mengajar materi segiempat, sebaiknya menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, namun tidak menutup kemungkinan untuk memilih materi lain yang cocok dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keyakinan diri; koneksi matematik; proyek.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:34
Last Modified: 07 Nov 2013 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item