PERANAN MASYARAKAT DESA KARANGMALANG KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TERHADAP KEHIDUPAN KESENIAN TRADISIONAL DAMAR SEWU


Prian Mismada, 2503408027 (2013) PERANAN MASYARAKAT DESA KARANGMALANG KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TERHADAP KEHIDUPAN KESENIAN TRADISIONAL DAMAR SEWU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANAN MASYARAKAT DESA KARANGMALANG KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TERHADAP KEHIDUPAN KESENIAN TRADISIONAL DAMAR SEWU]
Preview
PDF (PERANAN MASYARAKAT DESA KARANGMALANG KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TERHADAP KEHIDUPAN KESENIAN TRADISIONAL DAMAR SEWU)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesenian tradisional Damar Sewu merupakan suatu bentuk kesenian rebana yang di sajikan pada malam hari dan adanya sekelompok orang yang membawa obor dan melakukan atraksi untuk mengiringi pemain musik dan masyarakat yang punya hajat. Dalam kehidupan kesenian Damar Sewu tidak lepas dengan adanya peranan yang dilakukan oleh masyarakat desa Karangmalang, meskipun rata-rata penduduk di desa Karangmalang itu mempunyai mata pencaharian sebagai petani, akan tetapi hal itu tidak menghentikan langkah dan antusias para warga setempat untuk berpartisipasi dalam bidang musik dan berperan terhadap kesenian Damar Sewu Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Masyarakat Desa Karangmalang Terhadap Kehidupan Kesenian Tradisional Damar Sewu. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan masyarakat desa Karangmalang terhadap kehidupan kesenian tradisional Damar Sewu. Manfaat penulis mengambil tema tersebut supaya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat teoritis dan mafaat praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan masyarakat desa Karangmalang terhadap kehidupan kesenian tradisional Damar Sewu dikaji secara tekstual dan konteksual, terdiri dari bentuk komposisi, bentuk penyajian dan peranan masyarakat terhadap kehidupan kesenian Damar Sewu. Dari segi bentuk komposisinya, kelompok ini hanya membawakan sebuah aliran musik rebana/terbangan yang dipadukan dengan beberapa atraksi permainan obor. Untuk menghasilkan nada yang merdu dan komplek, kesenian Damar Sewu hanya menggunakan alat musik rebana/terbang sebanyak satu set. Sedangkan dari segi bentuk penyajian, dalam pementasannnya kesenian Damar Sewu selalu menggunakan beberapa pembawa obor sebagai pengiring arak – arakan dan sebagai sumber pencahayaan. Kajian secara konstekstual menunjukan bahwa masyarakat desa Karangmalang memiliki peran penting dalam setiap pertunjukan dan perkembangan kesenian Damar Sewu. Masyarakat tersebut baik yang tergabung dalam pengurus organisasi atau masyarakat yang berada di luar kepengurusan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Tradisional Damar Sewu
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:00
Last Modified: 19 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

View Item View Item