KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA


Dyah Ayu Kartika Wulandari, 4101408150 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika perlu menjadi fokus perhatian dalam pembelajaran matematika dikarenakan melalui komunikasi siswa dapat mengeksplorasi, mengorganisasi, dan menggabungkan konsep-konsep matematika. Selain itu, motivasi belajar siswa juga perlu ditingkatkan karena dengan adanya motivasi belajar yang tinggi siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih tinggi daripada dengan model pembelajaran konvensional? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika daripada model pembelajaran konvensional? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 2 Wirosari tahun ajaran 2012/2013. Dengan menggunakan teknik cluster sampling, diperoleh satu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan satu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata skor motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, proporsi siswa yang mencapai KKM pada kelas eksperimen mencapai 75%, proporsi siswa yang mencapai KKM pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, dan rxy = 0,048 serta rtabel = 0,329 dengan α = 5% dan n = 36. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah (1) motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada dengan model pembelajaran konvensional, (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika daripada model pembelajaran konvensional, (3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kemampuan komunikasi, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:00
Last Modified: 19 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item