PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI DENGAN SEM BERFASILITASI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 PEKALONGAN


Fanny Firman Syah, 4301409076 (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI DENGAN SEM BERFASILITASI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI DENGAN SEM BERFASILITASI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI DENGAN SEM BERFASILITASI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 PEKALONGAN) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab perolehan hasil belajar tidak maksimal adalah proses penyampaian materi oleh guru seringkali tidak dapat diterima baik oleh siswa, sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan menjadi kurang. Salah satu solusi yaitu dengan adanya alternatif model pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan peran setiap individu dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara siswa dengan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Structure Exercise Method (SEM) berfasilitasi LKS dibandingkan dengan siwa yang hanya dengan pembelajaran TAI, dan siswa tanpa model TAI dan SEM, serta manakah penerapan model dan metode yang terbaik dari ketiga perlakuan sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif model atau metode yang lebih baik. Desain eksperimen penelitian ini adalah pretest and posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata tes hasil belajar kognitif kelas eksperimen I sebesar 84,67, kelas eksperimen II sebesar 82,41, dan kelas kontrol sebesar 76,61. Dari hasil uji Anava terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara ketiga kelas sehingga perlu adanya uji pasca Anava. Uji pasca Anava Scheffe menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas dan menunjukkan bahwa kelas eksperimen I merupakan kelas dengan hasil belajar yang terbaik, serta kontribusi pengaruh penerapan model TAI dengan SEM sebesar 20,82%. Hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas TAI dan SEM menunjukkan hasil yang terbaik dari ketiga kelas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran TAI dengan SEM berfasilitasi LKS menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Saran dalam pelaksanaan pembelajaran berkelompok TAI guru hendaknya tetap memantau aktivitas siswa dalam kelompok untuk menghindari terjadinya kesalahan konsep oleh siswa apabila terjadi kesalahpahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Structure Exercise Method; Team Assisted Individualization.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2013 09:11
Last Modified: 06 Nov 2013 09:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18717

Actions (login required)

View Item View Item