KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL EMPRAK SIDO MUKTI DESA KEPUK KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA


Anggoro Kristanto, 2503407009 (2013) KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL EMPRAK SIDO MUKTI DESA KEPUK KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL EMPRAK SIDO MUKTI DESA KEPUK KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL EMPRAK SIDO MUKTI DESA KEPUK KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kesenian tradisional Emprak Sido Mukti dari Kabupaten Jepara memiliki ciri khusus yang memiliki keunikan tersendiri. Namun masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Bentuk Pertunjukan Kesenian Emprak Sido mukti yang awalnya sangat sederhana hanya dengan terbang dan gendang, sekarang berkembang dan memiliki bentuk yang lebih konkrit, dengan menambahkan gamelan dan memiliki alur cerita. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Kesenian Tradisional Emprak Sido Mukti. Fokus penelitian adalah Kajian Bentuk Pertunjukan Kesenian Tradisional Emprak Sido Mukti. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi, Sumber data adalah Pimpinan, Personil (penabuh, penyanyi/sinden dan penari) Kesenian Tradisional Emprak Sido Mukti dan Masyarakat pecinta seni tradisional Musik Emprak Sido Mukti Desa Kepuk, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis sesuai dengan kerangka dasar yang telah disusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kajian Bentuk Pertunjukkan kesenian tradisional Emprak Sido Mukti adalah merupakan perpaduan drama, tarian dan musik. Alat musik tradisional gamelan berupa Kendang, Demung, Kenong, dan lain sebagainya dipadu dengan alat musik Goprak yang merupakan ciri khusus sebagai properti yang akhirnya dikenal dengan dikenal dengan sebutan Emprak. Sekarang sudah dikembangkan dengan jenis-jenis tembang modern yang biasa dilantunkan dalam tembang-tembang campursari dan lain sebagainya. Diiiringi oleh sinden dan penari yang luwes dan lucu, walaupun para personal ini tidak mengenyam pendidikan seni yang tinggi tetapi berkat keuletan dalam berlatih dan memiliki jiwa seni, maka mereka dapat menghibur masyarakat. Semula kesenian ini hanya sebatas sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah para petani panen raya dan sebagai sarana komunikasi antar warga tetapi sekarang berkembang menjadi Hiburan bagi masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti mengajukan saran-saran Group Kesenian Tradisional Emprak Sido Mukti yang merupakan salah satu asset budaya di Kabupaten Jepara, meningkatkan kemampuan dalam olah musik khususnya untuk bisa berkolaborasi dengan alat musik modern tetapi tidak meninggalkan jati diri sebagai seni rakyat seni tradisional itu sendiri. Dalam Group ini perlu kaderisasi terhadap generasi muda untuk dibina sebagai generasi penerus sebab beberapa personil sudah tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertunjukan Kesenian Tradisional Emprak
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:08
Last Modified: 19 May 2014 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18716

Actions (login required)

View Item View Item