IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY-TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BILANGAN BULAT DAN LAMBANGNYA BERBANTUAN LKPD KELAS VII SMP NEGERI 13 SEMARANG


Zulmi Roestika Rini, 4101408134 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY-TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BILANGAN BULAT DAN LAMBANGNYA BERBANTUAN LKPD KELAS VII SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY-TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BILANGAN BULAT DAN LAMBANGNYA BERBANTUAN LKPD KELAS VII SMP NEGERI 13 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS (TWO STAY-TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BILANGAN BULAT DAN LAMBANGNYA BERBANTUAN LKPD KELAS VII SMP NEGERI 13 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peserta didik yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS (Two Stay-Two Stray) dapat mencapai ketuntasan, (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS dengan model pembelajaran konvensional, (3) model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas sampel, yaitu kelas VIIG sebagai kelas kontrol, kelas VIIH sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dengan Dokumentasi. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal, dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel mempunyai varians yang sama. Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok kontrol dengan diterapkan model pembelajaran konvensional diperoleh hasil total rata-rata skor 79,63 dan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay - Two Stray diperoleh rata-rata skor sebesar 84,31. Ini menunjukan bahwa dipeorleh hasil bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS lebih efektif atau lebih baik dibandingkan menggunakan model Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) peserta didik yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS telah mencapai ketuntasan, (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TS-TS dengan model pembelajaran konvensional, (3) model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian ini disarankan model pembelajaran kooperatif tie TS-TS dapat disosialisasikan sebagai suatu alternatif terhadap pemecahan masalah matematik dan meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi pokok bilangan bulat dan lambangnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kemampuan pemecahan masaalah matematik, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran tipe TS-TS (Two Stay-Two Stray), Lembar Kerja Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:06
Last Modified: 19 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item