KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI SALATIGA MATERI SEGIEMPAT


Kharisma Ilyyana, 4101408109 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI SALATIGA MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI SALATIGA MATERI SEGIEMPAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI SALATIGA MATERI SEGIEMPAT)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Sebanyak 20 dari 38 peserta didik kelas VII di MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2010/2011 belum mencapai KKM pada ulangan harian materi segiempat. Model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter adalah sebagai model pembelajaran yang memandang bahwa kelas adalah sebuah tempat kreatifitas kooperatif di mana guru dan peserta didik membangun proses pembelajaran dengan memberikan contoh dan penerapan nilai-nilai karakter. Kelompok dijadikan sebagai sarana sosial dalam proses ini. Rencana kelompok adalah satu metode untuk mendorong keterlibatan maksimal para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran CTL berbasis pendidikan karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga. Dengan teknik random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran Investigasi kelompok berbasis pendidikan karakter dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran CTL berbasis pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data akhir diketahui bahwa 97% peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter memenuhi KKM yaitu 68. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter dengan peserta didik yang dikenai model pembelajaran CTL berbasis pendidikan karakter. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran Investigasi Kelompok berbasis pendidikan karakter dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada hasil belajar pesrta didik yang dikenai model CTL berbasis pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, pendidikan karakter, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:08
Last Modified: 19 May 2014 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18713

Actions (login required)

View Item View Item