KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


Rosidah, 4101408103 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah harus dibangun sendiri oleh peserta didik melalui keterlibatan aktif dalam belajar dan interaksi dengan guru atau peserta didik lain. POGIL adalah model pembelajaran yang didesain dengan kelompok kecil yang berinteraksi dengan guru sebagai fasilitator. POGIL membimbing peserta didik melalui kegiatan eksplorasi agar peserta didik membangun pemahaman sendiri (inkuiri terbimbing). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran POGIL berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Peluang Kelas XI IPA. Keefektifan tersebut dijabarkan dalam rumusan: (1) peserta didik yang dikenai pembelajaran POGIL berbantuan LKPD mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah; dan (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran POGIL berbantuan LKPD lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran model POGIL berbantuan LKPD dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan observasi. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik yang dikenai pembelajaran POGIL berbantuan LKPD mencapai ketuntasan belajar pada aspek pemecahan masalah (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran POGIL berbantuan LKPD lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran konvensional. Simpulan yang diperoleh yaitu model pembelajaran POGIL berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Peluang Kelas XI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:08
Last Modified: 19 May 2014 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18712

Actions (login required)

View Item View Item