KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA DIMENSI TIGA


Lora Lorinda, 4101408098 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA DIMENSI TIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA DIMENSI TIGA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA DIMENSI TIGA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menggabungkan gerak fisik dengan aktivitas intelektual sehingga pengunaan semua indra dapat berpengaruh terhadap pembelajaran. Agar proses visual dan auditori dapat berkembang dengan baik maka digunakanlah CD pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dengan mendengar dan melihat serta ditunjang dengan kemampuan intelektualnya peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan dan menuliskan ide-ide mereka dalam menyelesaikan soal yang diberikan dengan lebih baik. Di samping itu dengan model pembelajaran SAVI peserta didik dapat memaksimalkan penggunaan indera untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran SAVI berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X MA Al Asror; dan mengetahui interaksi yang terjadi antara model pembelajaran dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MA Al Asror Gunungpati. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada aspek kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas eksperimen sebesar 68,46 dan kelas kontrol sebesar 64,32. Hasil analisis hipotesis pertama uji proporsi diperoleh Ini berarti bahwa peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata pihak kanan diperoleh Ini berarti bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji anava diperoleh . Ini berarti ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dengan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Jadi, simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran SAVI berbantuan CD Pembelajaran lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan ada interaksi yang terjadi antara model pembelajaran dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Pembelajaran; Keefektifan; Kemampuan Komunikasi Matematika; Model SAVI.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:08
Last Modified: 19 May 2014 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item