PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL MELALUI GRUP DALAM FACEBOOK SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA (SISWA KELAS X6 DAN X7 SMAN 1 BANJARHARJO – BREBES)

Agung Meisa Anggara, 5301408050 (2013) PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL MELALUI GRUP DALAM FACEBOOK SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA (SISWA KELAS X6 DAN X7 SMAN 1 BANJARHARJO – BREBES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL MELALUI GRUP DALAM FACEBOOK SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS X SMA (SISWA KELAS X6 DAN X7 SMAN 1 BANJARHARJO – BREBES))
Download (3932Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3932Kb)

      Abstract

      Perkembangan TI yang sedemikian cepat mengakibatkan data dan informasi mudah diperoleh tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Menggunakan media internet, data dan informasi baik berupa pengetahuan, berita, hiburan maupun individu tidak sulit untuk didapat. Dunia pendidikan, internet bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan jejaring sosial facebook. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan grup dalam facebook pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X di SMAN 1 Banjarharjo - Brebes Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efiktivitas/ kelayakan grup facebook pembelajaran sebagai penunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X di SMAN 1 Banjarharjo – Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan metode pengumpulan data angket dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui apakah pemanfaatan dengan menggunakan grup dalam facebook layak digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMAN 1 Banjarharjo - Brebes. Analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Ujicoba yang telah dilakukan kepada pakar multimedia yang telah diisi berupa angket tertulis didapatkan prosentase hasil dengan nilai rata-rata keseluruhan 85,3% memperoleh predikat sangat baik dengan rincian kriteria tampilan grup facebook 85,5%, dan kriteria kualitas teknis 84,7%. Menurut pakar materi (subject matter) didapatkan prosentase nilai rata-rata keseluruhan 85,8% memperoleh predikat sangat baik, Hasil uji coba pada siswa untuk mencari tanggapan siswa terhadap grup facebook sebagai sarana pembelajaran didapatkan prosentase 78,7% memperoleh predikat sangat baik. Pemanfaatan grup facebook sebagai pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh para pakar yang terdiri dari 3 dosen pakar media dari Universitas Negeri Semarang dan 2 guru ahli materi dari SMAN 1 Banjarharjo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan grup facebook efektif digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X di SMAN 1 Banjarharjo.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Grup Facebook, Teknologi Informasi dan Komunikasi, SMAN 1 Banjarharjo
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      T Technology > T Technology (General)
      Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
      Depositing User: bukhomirah perpus unnes
      Date Deposited: 19 May 2014 06:08
      Last Modified: 19 May 2014 06:08

      Actions (login required)

      View Item