IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PERCOBAAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Purwati, 4201408056 (2013) IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PERCOBAAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PERCOBAAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS PERCOBAAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK)
Download (18MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar kelas X semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di SMA N 1 Sukorejo menunjukan bahwa sekitar 47,3% siswa harus mengikuti remidi dari KKM yang ditetapkan sebesar 68. Hasil wawancara didapatkan informasi bahwa keaktifan siswa dalam bertanya masih kurang. Kegiatan praktikum siswa juga masih dirasa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif serta pencapaian ketuntansan hasil belajar aspek kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran yang ada di SMA N 1 Sukorejo. Belajar fisika merupakan suatu proses penguasaan konsep dasar fisika melalui pemahaman dan pengalaman langsung agar siswa dapat memahami konsep secara inquiry. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran fisika adalah model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika. Model pembelajaran tersebut terdiri dari komponen presentasi kelas berupa kegiatan percobaan fisika, teams, games, tournament dan penghaargaan kelompok. Percobaan fisika sendiri adalah suatu bagian dari pengajaran yang bertujuan menguji suatu teori fisika dengan prosedur tertentu dimana prosedur tersebut dapat diulang beberapa kali pada kondisi yang sama dan hasilnya dapat diamati. Materi penelitian ini adalah sub pokok bahasan tentang kalor. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain only one post test design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kreatif siswa diambil dengan teknik tes yang berupa tes uraian. Data penelitian diuji menggunakan uji ketuntasan belajar, uji proporsi ketuntasan dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa dengan implementasi model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika pada SMA Negeri 1 Sukorejo aspek kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa tuntas secara individual dan klasikal dan dominan terdistribusi pada kemampuan sangat kreatif. Uji proporsi ketuntasan hasil belajar dan uji kesamaan dua rata-rata didapatkan bahwa model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan pencapaian hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Aspek psikomotorik siswa memiliki sangat aktif, dan afektif siswa memiliki kategori baik. Uji proporsi ketuntasan aspek psikomotorik diperoleh hasil bahwa model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika lebih efektif untuk mencapai ketuntasan belajar aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TGT Berbasis Percobaan Fisika, Berpikir kreatif, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:09
Last Modified: 19 May 2014 10:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item