Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES


Ida Susiana, 1601408027 (2013) Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES]
Preview
PDF (Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES)
Download (935kB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan suatu proses pengamatan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan melalui panca indera menjadi sebuah pengertian yang menjadi dasar bagi pengalaman dan pengetahuannya. Kesejahteraan merupakan kondisi dimana seseorang merasa aman, sentosa, makmur serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya disertai dengan apresiasi sosial dimana ia hidup. Minat pada dasarnya suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap kesejahteraan guru PAUD dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa PG PAUD FIP UNNES angkatan 2008- 2011 yang berjumlah 171 mahasiswa dengan sampel yang diambil sejumlah 102 responden. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase dengan analisis regresi sederhana. Hasil dari analisis diperoleh nilai R sebesar 0,729 dengan taraf signifikansi 0,005 ini berarti bahwa antara persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES memiliki hubungan. Persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat menjadi guru mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan nilai Rsquare sebesar 53,2% artinya pengaruh antara persepsi tehadap kesejahteraan guru PAUD dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES dipengaruhi sebesar 53,2% dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap kesejahteraan guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Oleh karena itu jika pandangan terhadap kesejahteraan seorang guru PAUD lebih dinaikkan lagi maka minat mahasiswa untuk menjadi guru juga akan ikut naik. Maka mahasiswa disarankan untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru –guru PAUD yang bekerja pada lemabaga PAUD dimana lembaganya sudah lebih maju/besar (daerah perkotaan) dan sekiranya gaji yang diterima jauh lebih besar dibanding dengan lembaga PAUD yang masih bersakala kecil (daerah pedesaan). Dengan memiliki pandangan bahwa semakin sejahteranya guru-guru PAUD yang bekerja di lembaga PAUD yang lebih maju/besar tersebut maka minat menjadi guru PAUD pada diri individu tersebut akan bertambah. Karena mahasiswa akan berpandangan bahwa nantinya jika menjadi guru PAUD maka hidupnya akan sejahtera.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, kesejahteraan guru, minat
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:09
Last Modified: 19 May 2014 10:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item