UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008


TIRANI WIDYASTUTI , 3101403532 (2007) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008] PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008) - Published Version
Download (772kB)

Abstract

Pembelajaran sejarah di SMP Negeri 15 Semarang selama ini belum melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa karena cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Siswa tidak aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu segera dicarikan solusi penyelesaiannya. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division melalui penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division tahun pelajaran 2007/2008 dapat ditingkatkan? ; (2). Apakah aktivitas belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division tahun pelajaran 2007/2008 dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2007/2008 melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkat; (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar.Untuk memperoleh cara yang lebih spesifik melalui model pembelajaran dan pemanfaatan kemandirian siswa Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa lembar kerja siswa untuk dipelajari secara kelompok, kemudian salah satu wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok yang lain dapat menanggapinya. Setelah diskusi kelompok selesai guru memberikan tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang yang berjumlah 44 siswa tahun pelajaran 2007/2008. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I, II dan III diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I yaitu sebesar 65,1 %, Siklus II yaitu sebesar 65,9 % dan pada siklus III lebih meningkat yaitu sebesar 81,8%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I, II dan III diperoleh dari kuis yang dilaksanakan pada akhir pertemuan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 58,8 dengan ketuntasan klasikal 37,2%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 68,4 dengan ketuntasan klasikal 63,6%. Nilai rata-rata kelas pada siklus III adalah 83,2 dengan ketuntasan klasikal 86,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division, prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang dapat ditingkatkan. Saran, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division yang diterapkan guru dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa, maka pada proses pembelajaran sehari-hari bisa menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 06:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item