PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA BUKLET PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 GEMBONG KABUPATEN PATI

Ari Dwi Atmoko, 4401408040 (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA BUKLET PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 GEMBONG KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA BUKLET PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 GEMBONG KABUPATEN PATI)
Download (1855Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Gembong pada 25 Februari 2012 diketahui rata-rata hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII hanya 67,51 berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Selama pembelajaran guru menggunakan metode ceramah diselingi kegiatan diskusi. Pelaksanaan metode pembelajaran ceramah tidak berjalan optimal, karena sewaktu pembelajaran siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran dan siswa ramai sendiri. Ketika melakukan diskusi tidak semua siswa ikut aktif dalam kegiatan tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapakan model Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media buklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan penerapan model kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Gembong Kabupaten Pati. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Data utama dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran, sedangkan data pendukung adalah data tanggapan siswa. Data hasil belajar diperoleh dari pretest dan posttest dianalisis dengan analisis normalitas gain, data aktivitas siswa dan data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Uji t hasil belajar siswa menunjukkan bahwa t hitung 3,51 sedangkan t tabel untuk dk 62 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,67. Jika t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik dari pada kelompok kontrol. Hal ini didukung pula oleh aktivitas siswa yang tinggi. Presentase aktivitas siswa kelompok eksperimen yang termasuk kategori aktif sebesar 95,5% dan kategori tidak aktif sebesar 4,5%. Sedangkan kelas kontrol yang termasuk kategori aktif sebesar 69%, dan kategori tidak aktif sebesar 31%. Nilai rerata kelas NHT menggunakan media buklet (80,58) lebih besar daripada rerata nilai pada kelas kontrol (74,13). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet dapat mengoptimalkan hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Gembong Pati yang dibuktikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: buklet, hasil belajar, Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), klasifikasi makhluk hidup.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: IndahTP perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 06:09
    Last Modified: 19 May 2014 06:09

    Actions (login required)

    View Item