PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X


Arie Yuni Kurnianingrum, 4401408025 (2013) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X]
Preview
PDF (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi semester genap tahun ajaran 2011/2012 kelas X SMA Negeri 1 Jekulo Kudus menunjukkan bahwa guru tidak memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar. Lingkungan sekolah berupa taman, lapangan serta sawah dan kebun sangat potensial dimanfaatkan untuk pembelajaran keanekaragaman hayati karena terdapat beberapa bentuk keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem. Diperlukan suatu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi lingkungan sekolah sehingga hasil belajar yang diperoleh lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pemanfaatan lingkungan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran keanekaragaman hayati kelas X. Penelitian ini dilakukan dengan metode one-shot case study. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Jekulo Kudus pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil secara acak yaitu kelas X-4, X-9 dan X-10. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Siswa melaksanakan observasi tentang keanekaragaman gen di pasar tradisional dan pengamatan ekosistem taman, lapangan, kebun dan sawah di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga kelas mencapai ketuntasan belajar klasikal 89, 47% (kelas X-4), 89,47% (kelas X-9) dan 94,74% (kelas X-10). Pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan lingkungan sekolah membuat siswa merasa tertarik dan lebih aktif. Nilai keaktifan siswa kelas X–4 mencapai nilai 8 dalam konversi pada skala 11 dan termasuk kriteria tinggi. Nilai keaktifan siswa kelas X–9 dan X–10 mencapai nilai 7 dalam konversi pada skala 11 dan termasuk kriteria cukup tinggi. Permasalahan yang ditemui adalah siswa tidak membaca materi terlebih dahulu, masalah ini dapat diatasi dengan selalu memotivasi siswa untuk mempersiapkan materi terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah dengan pembelajaran kontekstual efektif diterapkan pada materi keanekaragaman hayati kelas X. Efektivitas pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keanekaragaman hayati, pembelajaran kontekstual, lingkungan sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:12
Last Modified: 19 May 2014 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item View Item