KONTRIBUSI SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA N 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL

Abda Lail Isro, 4401408015 (2013) KONTRIBUSI SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA N 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KONTRIBUSI SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA N 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL)
Download (2566Kb)

    Abstract

    Sistem moving class merupakan bentuk pembaharuan dalam sistem pembelajaran yang perlu dilaksanakan oleh sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sistem tersebut dilaksanakan untuk memenuhi indikator kinerja kunci minimal RSBI yaitu menjalankan kurikulum dengan sistem satuan kredit semester (SKS). Pada sistem moving class guru mempunyai wewenang penuh utuk mengelola kelas sesuai karakteristik mata pelajaran yang diajarkan sehingga diharapkan motivasi dan hasil belajar siswa lebih baik. SMA N 1 Slawi menerapkan moving class sejak tahun 2009 untuk memenuhi syarat sebagai sekolah RSBI. Permasalahan yang dihadapi yaitu banyaknya siswa yang mengulur waktu menuju kelas dan membolos dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa serta hasil belajar yang didapat siswa juga kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi sistem moving class pada pembelajaran biologi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Slawi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menganalisisnya dengan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XII SMA N 1 Slawi Kabupaten Tegal. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan melalui wawancara. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas XII program Naural Science dan diambil sampel secara proportional random sampling dengan rumus Slovin. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa SMA N 1 Slawi yaitu sebesar 5,81% termasuk dalam kategori rendah. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Y= 52,727 + 0,279 X yang berarti dalam setiap kenaikan variabel pelaksanaan pembelajaran biologi dengan sistem moving class sebesar satu satuan akan diikuti kenaikan tingkat motivasi belajar siswa sebesar 0,279. Pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi juga memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Slawi sebesar 2,87% termasuk dalam kategori sangat rendah. Persamaan regresi yang didapat yaitu Y= 76,414 + 0,046 X yang berarti dalam setiap kenaikan variabel pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi sebesar satu satuan akan diikuti kenaikan tingkat motivasi belajar siswa sebesar 0,046. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi memberikan kontribusi yang positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA N 1 Slawi. pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran biologi memberikan kontribusi yang rendah terhadap motivasi belajar siswa dan memberikan kontribusi yang sangat rendah terhadap hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, motivasi belajar, moving Class
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: IndahTP perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 06:15
    Last Modified: 19 May 2014 06:15

    Actions (login required)

    View Item