KEEFEKTIFAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING’S STRATEGY DENGAN COOPERATIVE LEARNING’S SETTING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 MRANGGEN PADA MATERI FUNGSI


Muhammad Nurkholis, 4101408053 (2013) KEEFEKTIFAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING’S STRATEGY DENGAN COOPERATIVE LEARNING’S SETTING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 MRANGGEN PADA MATERI FUNGSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING’S STRATEGY DENGAN COOPERATIVE LEARNING’S SETTING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 MRANGGEN PADA MATERI FUNGSI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN INDUCED FIT REMEDIAL TEACHING’S STRATEGY DENGAN COOPERATIVE LEARNING’S SETTING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 MRANGGEN PADA MATERI FUNGSI)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruseffendi (1991) menyatakan bahwa pengajaran remedial adalah suatu bentuk pembelajaran yang bertujuan untuk menyembuhkan kekeliruan-kekeliruan atau untuk dapat lebih memahami konsep-konsep yang telah dipelajari tapi belum dikuasai siswa. Namun pada kenyataannya, remedial yang diberikan kepada siswa adalah sebatas pengulangan pelaksanaan tes saja. Pengajaran remedial juga hendaknya disesuaikan dengan jenis kesulitan yang dialami siswa. Dari kenyataan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan letak kesulitan belajar siswa pada materi fungsi, serta mengetahui keefektifan strategi pengajaran remedial yang diciptakan peneliti, yaitu Induced Fit Remedial Teaching’s Strategy dengan Cooperative Learning’s Setting. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak Tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan Subjek Penelitian ini adalah 12 orang siswa dari kelas tersebut yang dipilih dengan purposeful sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 12 siswa yang diteliti, 11 siswa mengalami kesulitan belajar jenis Learning Disorder dan 1 siswa mengalami kesulitan belajar jenis Slow Learner. Letak kesulitan materi yang dialami siswa sebagian besar adalah kesalahan pada menyetarakan bentuk persamaan, kesalahan pada operasi hitung, kesulitan dalam memahami konsep, dan kesalahan dalam menggunakan prosedur. Secara khusus, jenis dan letak kesalahan dalam matematika yang ditemui yaitu: (1) kesalahan dalam memanipulasi persamaan dan operasi termasuk kesulitan menggunakan prinsip; (2) ketidakmampuan siswa dalam menentukan langkah dan menyelesaikan soal termasuk kesulitan menggunakan algoritma; dan (3) kesulitan dalam memahami konsep fungsi komposisi termasuk kesulitan menggunakan konsep. Hasil pelaksanaan pengajaran remedial yang dilakukan adalah 11 dari 12 siswa berhasil memncapai tujuan belajar yang ditentukan, sehingga Induced Fit Remedial Teaching’s Strategy dengan Cooperative Learning’s Setting efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Mranggen pada materi fungsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Kesulitan Belajar, Pengajaran Remedial,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:15
Last Modified: 19 May 2014 10:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item