MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGMUNDU 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007


Diah Nugraheni , 4201403010 (2007) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGMUNDU 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGMUNDU 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007] PDF (MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA POKOK BAHASAN CAHAYA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGMUNDU 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (995kB)

Abstract

Selama ini, guru SD Negeri Kedungmundu 01 cenderung melakukan pengajaran yang bersifat informatif atau hanya transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, minat belajar siswa terhadap pelajaran Sains (IPA) masih kurang. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa secara optimal yaitu dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Atas pertimbangan di atas, perlu dilakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Minat Belajar Sains (IPA) dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) pada Pokok Bahasan Cahaya Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kedungmundu 01 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007“ untuk mengetahui peningkatan minat belajar Sains (IPA) pada pokok bahasan cahaya. Untuk membahas permasalahan pada paragraf satu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes, data hasil belajar afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan minat belajar siswa diperoleh melalui lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus 1 diperoleh 75,50 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 77,69. Nilai rata-rata hasil belajar afektif minat pada siklus 1 diperoleh 85,10 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 91,83. Nilai rata-rata hasil belajar afektif sikap pada siklus 1 diperoleh 85,38 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 90,19. Nilai rata-rata hasil belajar afektif nilai pada siklus 1 diperoleh 84,42 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 89,04. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik pada siklus 1 83,85 meningkat menjadi 92,40 pada siklus 2. Sedangkan kriteria minat belajar siswa pada siklus 1 adalah berminat dengan skor 64,83 dan meningkat menjadi sangat berminat dengan skor 70,67. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada siswa Sekolah Dasar Negeri Kedungmundu 01 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Belajar, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 06:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item