PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR PAPAN KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA N 1 JEKULO


Okky Irmina Safitri, 4401408012 (2013) PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR PAPAN KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA N 1 JEKULO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR PAPAN KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA N 1 JEKULO]
Preview
PDF (PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR PAPAN KLASIFIKASI TUMBUHAN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMA N 1 JEKULO)
Download (21MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran Outdoor Learning Process (OLP) menggunakan papan klasifikasi memberikan kemudahan dan pengalaman langsung pada siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan OLP pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan menggunakan papan klasifikasi terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian Pre Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jekulo, Kudus yang terdiri dari sepuluh kelas, yakni X-1 sampai dengan X-10. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1, X-2, dan X-3 yang berjumlah 114 siswa, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas siswa melalui lembar aktivitas, data hasil belajar ranah kognitif dikumpulkan dari tes materi klasifikasi tumbuhan, dan data tanggapan siswa melalui angket. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OLP efektif diterapkan pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan menggunakan media belajar papan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 90% mencapai kriteria aktif dan sangat aktif. Siswa aktif dalam melakukan pengamatan, klasifikasi, diskusi kelompok dan menarik kesimpulan. Hasil ketuntasan belajar siswa mencapai nilai ≥75. Ketuntasan belajar kelas X1 sebesar 84%, kelas X2 sebesar 82%, dan kelas X3 sebesar 76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa OLP efektif diterapkan pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan menggunakan media belajar papan klasifikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning Process (OLP), Media Belajar Papan Klasifikasi,Klasifikasi Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:16
Last Modified: 19 May 2014 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item