HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA IBU DENGAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH (Studi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman I Kota Semarang Tahun 2012)


Imul Puryanti, 1601408012 (2013) HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA IBU DENGAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH (Studi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman I Kota Semarang Tahun 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA IBU DENGAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH (Studi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman I Kota Semarang Tahun 2012)]
Preview
PDF (HUBUNGAN KELEKATAN ANAK PADA IBU DENGAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH (Studi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman I Kota Semarang Tahun 2012))
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemandirian merupakan kemampuan seseorang yang terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang ada melalui proses belajar untuk tidak bergantung pada orang lain, mempunyai rasa percaya diri, mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dilakukannya. Sebagai salah satu tugas perkembangan pada anak usia dini, kemandirian perlu diperhatikan dan ditanamkan sejak dini. Didalam pembentukan kemandirian pada diri anak bergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah kelekatan anak pada ibu. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pola kelekatan anak pada ibu, bagaimana kemandirian anak di sekolah dan adakah hubungan antara kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi TK Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Variabel-variabel penelitian diukur dengan menggunakan skala kelekatan yang terdiri dari 52 Butir Jawaban dan skala kemandirian dengan 38 Butir Jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara Kelekatan anak pada Ibu dengan Kemandirian di sekolah. Diperoleh dengan menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment yang menjelaskan bahwa ada hubungan positif sangat signifikan antara kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian ditunjukkan dengan rxy = 0,621 dengan taraf siginifikansi p = 0,000 (p<0,05). Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kelekatan aman anak pada ibu dengan kemandirian di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif kelekatan anak terhadap ibu, maka semakin tinggi tingkat pencapaian kemandiriannya. Sebaliknya, semakin negatif kelekatan anak terhadap ibu, maka tingkat pencapaian kemandiriannya semakin rendah. Bagi orangtua terutama ibu diharapkan untuk menjalin hubungan yang aman dan nyaman dengan anak serta memberikan kesempatan kepada anak dalam melakukan sesuatu agar anak tersebut belajar menuju kemandirian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian di sekolah, kelekatan anak pada ibu
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:16
Last Modified: 19 May 2014 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item