PENGEMBANGAN LKS BERBASIS POE PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 WELAHAN


Ifrokhatul Janah, 4401408009 (2013) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS POE PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 WELAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKS BERBASIS POE PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 WELAHAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS POE PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 WELAHAN)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi model LKS yang selama ini dipakai dalam pembelajaran IPA Biologi kelas VII di SMP Negeri 3 Welahan, (2) mengidentifikasi apakah LKS berbasis POE pada materi pengelolaan lingkungan perlu dikembangkan, (3) mengembangkan LKS yang mengandung sintak POE pada materi pengelolaan lingkungan, dan (4) menguji pengaruh penerapan LKS berbasis POE pada materi Pengelolaan Lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan (Research and Development). Prosedur penelitian meliputi riset awal untuk analisis kebutuhan pembuatan LKS. Validasi LKS berbasis POE, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Uji coba skala kecil mengumpulkan data keterbacaan LKS dan kevalidan instrumen penelitian Uji coba skala luas mengumpulkan data tentang pengaruh penggunaan LKS berbasis POE terhadap hasil belajar. Desain penelitian menggunakan pretestt-posttest nonequivalent control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Welahan. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Data penerapan LKS berbasis POE dikumpulkan dengan angket keterlaksanaan LKS. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes materi pengelolaan lingkungan. Uji t dan regresi linier digunakan untuk melihat pengaruh penerapan LKS terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan LKS di SMP Negeri 3 Welahan belum berbasis POE, sehingga perlu dikembangkan LKS berbasis POE. Pada tahap validasi, pengembangan LKS berbasis POE telah dinilai valid oleh validator. Penerapan LKS berbasis POE tergolong tinggi (skor 30,55). Pengaruh penerapan LKS berbasis POE terhadap hasil belajar menggunakan uji t menunjukkan perbedaan nyata dari rata-rata selisih post-test antara kelompok eksperimen dan kontrol dan uji regresi linier sederhana (nilai sig.<0.05; r Square 0,809). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis POE berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen 67,52 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 58,42.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; Lembar Kegiatan Siswa; pengelolaan lingkungan; Predict-Observe-Explain (POE)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:16
Last Modified: 19 May 2014 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18686

Actions (login required)

View Item View Item