HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TINDAKAN BULLYING


TITIS SETIANI, 1601408011 (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TINDAKAN BULLYING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TINDAKAN BULLYING]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP GURU TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TINDAKAN BULLYING)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tindakan bullying merupakan tindakan kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan.TKmerupakan lembaga pendidikan yang tidak luput dari ancaman tindak kekerasan seperti bullying.Namun, banyak guru TK belum sepenuhnya menyadari bahwa bullying dapat terjadi di lembaga mereka.Hal ini dikarenakan guru beranggapan bahwa siswa TK belum potensial untuk melakukan tindak kekerasan seperti bullying. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah pengetahuan guru TK terhadap bullying; (2) bagaimanakah sikap guru TK terhadap bullying; dan (3) bagaimanakah hubungan antara pengetahuan dengan sikap guru TK terhadap bullying. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru TK di kecamatan yang ada di Kota Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Berdasarkan teknik tersebut sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru dari 10 TK dan kecamatan yang berbeda.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment, uji signifikansi (uji t) dan analisis regresi sederhana. Dari analisis korelasi product moment diperoleh nilai sebesar rxy= 0,789 yang menunjukkan ada hubungan yang kuat antara pengetahuan dan sikap. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai rhitung = 0,789 lebih besar dari rtabel= 0,361 yang berarti hipotesis diterima, di mana tingkat pengetahuan dan sikap memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Analisis regresi sederhana memperoleh persamaan sebesar Y′ = 0,569 + 0,427 X. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap guru TK dengan tindakan bullying; dan tidak terdapat hubungan negatif antara tingkat pengetahuan dan sikap guru TK dengan tindakan bullying. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) guru cukup memiliki pengetahuan terhadap tindakan bullying; (2) guru memiliki sikap intoleransi terhadap tindakan bullying; (3) terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap guru TKterhadap tindakan bullying. Penelitian ini menyarankan agar guru hendaknya membuat program intervensi supaya tindakan bullying tidak terjadi. Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang bullying di TK, termasuk untuk mengkaji faktor-faktor yang lebih komprehensif yang berkontribusi terhadap sikap guru terhadap bullying. Bagi anak, diharapkan tidak melakukan tindakan bullying serta mampu menciptakan suasana aman dan nyaman di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Guru TK, dan Tindakan Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:14
Last Modified: 19 May 2014 10:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item