EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION DITUNJANG PENUGASAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP


Tri Lestari Handayani, 4401408007 (2013) EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION DITUNJANG PENUGASAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION DITUNJANG PENUGASAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION DITUNJANG PENUGASAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sekolah menengah bertujuan membentuk karakter siswa, salah satunya minat wirausaha. Karakter siswa dapat dibentuk melalui pembelajaran yang membuat siswa aktif. Pembelajaran aktif membuat siswa mudah memahami materi. Materi keanekaragaman makhluk hidup memiliki tingkat kesulitan tinggi karena banyak variasi makhluk hidup dan menggunakan nama ilmiah yang sulit diingat siswa. Materi tersebut harus diajarkan menggunakan model yang tepat untuk mengefektifkan pembelajaran. Model group investigation dimana siswa melakukan penyelidikan makhluk hidup secara langsung di sekitar lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Makhluk hidup tersebut diidentifikasi kemudian dibuat awetan bioplastik. Penugasan awetan bioplastik diharapkan dapat menumbuhkan pendidikan karakter minat wirausaha siswa. Tujuan dari penelitian untuk menguji efektivitas group investigation ditunjang awetan bioplastik terhadap hasil belajar dan minat wirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Pati. Sampel terdiri atas kelas VII A dan VII B diambil melalui teknik purposive sampling. Kelas VII A merupakan kelas bakat seni dan olahraga, sementara kelas VII B merupakan kelas regular. Pembelajaran efektif apabila memenuhi kriteria hasil belajar minimal 85% siswa telah mencapai KKM, 75% siswa minat wirausaha minimal tinggi dan 85% siswa memiliki kriteria aktivitas minimal aktif. Hasil penelitian menunjukkan 94% siswa telah mencapai KKM. Minat wirausaha siswa dengan kriteria rendah 4%, tinggi 52% dan sangat tinggi 45%. Aktivitas siswa kurang aktif 4%, aktif 85,5% dan sangat aktif 10,5%. Siswa menyatakan cukup tertarik dengan pembelajaran sebesar 4%, tertarik 49% dan sangat tertarik 47%, hal tersebut menunjukkan hasil penelitian telah mencapai indikator efektif. Hasil tanggapan guru menunjukkan pembelajaran menarik, menyenangkan dan menumbuhkan minat wirausaha siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model group investigation ditunjang penugasan awetan bioplastik pada materi keanekaragaman makhluk hidup efektif terhadap hasil belajar dan minat wirausaha siswa. Sebagian besar siswa memiliki aktivitas aktif dan sangat aktif. Siswa dan guru juga memberikan tanggapan tertarik terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: group investigation, awetan bioplastik, hasil belajar, minat wirausaha, keanekaragaman makhluk hidup.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:17
Last Modified: 19 May 2014 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item View Item