PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK MENUNJANG KINERJA PENGGUNA DAN PENGELOLA LABORATORIUM BIOLOGI SMA NEGERI 2 WONOGIRI

Aprilianingtyas Anggraeni, 4401408006 (2013) PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK MENUNJANG KINERJA PENGGUNA DAN PENGELOLA LABORATORIUM BIOLOGI SMA NEGERI 2 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK MENUNJANG KINERJA PENGGUNA DAN PENGELOLA LABORATORIUM BIOLOGI SMA NEGERI 2 WONOGIRI)
Download (6Mb)

    Abstract

    Biologi lebih dari sekedar kumpulan fakta atau konsep, karena dalam biologi juga terdapat kumpulan proses dan nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Praktikum merupakan salah satu kegiatan laboratorium yang sangat berperan dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar biologi. Praktikum memungkinkan siswa mempelajari biologi melalui pengamatan terhadap gejala-gejala maupun proses-proses. Pengelolaan laboratorium biologi perlu dilakukan agar laboratorium dapat berfungsi optimal. Pengelolaan laboratorium biologi meliputi kegiatan mengatur, memelihara, serta usaha-usaha menjaga keselamatan para pemakai laboratorium. Berdasarkan observasi awal, laboratorium biologi SMA Negeri 2 Wonogiri sudah digunakan sebagai kegiatan pembelajaran maupun praktikum, secara umum alat dan bahan yang dimiliki laboratorium tersebut sudah lengkap dan memadai, akan tetapi belum didukung dengan pengelolaan yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan atau action research. Penelitian dilaksanakan di laboratorium biologi SMA Negeri 2 Wonogiri pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Laboratorium sudah digunakan untuk kegiatan praktikum, akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal karena belum dilakukan pengelolaan yang optimal. Kegiatan penelitian terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah kinerja pengguna dan pengelola laboratorium minimal menunjukkan kriteria baik yaitu berada pada rentang 50-75%. Hasil yang diperoleh adalah kinerja guru menunjukkan kriteria sangat baik tetapi masih ada beberapa item yang kinerjanya belum mencapai 100%. Kinerja siswa memperoleh rata-rata sangat baik tetapi masih ada beberapa item yang memperleh hasil kurang dari 75%. Kinerja penelola laboratorium sudah sangat baik tetapi sama halnya dengan kinerja guru dan siswa, masih ada beberapa item yang belum mencapai 100%. Simpulan dari penelitian ini bahwa perbaikan pengelolaan laboratorium biologi SMA Negeri 2 Wonogiri mampu menunjang kinerja pengguna dan pengelola laboratorium biologi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Laboratorium, Kinerja Pengguna dan Pengelola Laboratorium
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: IndahTP perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 06:16
    Last Modified: 19 May 2014 06:16

    Actions (login required)

    View Item