KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 LASEM


Yosela Septi Maharani, 4101408029 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 LASEM]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 1 LASEM)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi yang diharapkan dari peserta didik ketika mempelajari matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Model pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan pada penelitian ini adalah model Student Teams-Achievement Division (STAD).Model STAD dipilih karena materi-materi dalam Standar Isi yang diharapkan akan berhasil secara optimal dengan pembelajaran model STAD adalah materi-materi yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen yang dikenai model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran pada materi luas dan volume prisma dan limas. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen daripada yang dikenai pembelajaran yang biasa digunakan yaitu CTL. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lasem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dari delapan kelas, diperoleh 56 peserta didik yang terbagi di kelas VIIIB (kelas eksperimen) dan VIIIA (kelas kontrol). Metode pengambilan data adalah metode tes dan lembar observasi nilai karakter bangsa. Analisis data menggunakan uji proporsi untuk menentukan ketuntasan belajar, serta uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Setelah diberi perlakuan yang berbeda, hasil analisis uji ketuntasan belajar diperoleh 1,703 yang berarti hasil belajar peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan. Menurut hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai model CTL pada materi luas dan volume limas dan prisma. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru matematika SMP Negeri 1 Lasem disarankan untuk menggunakan model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran sebagai salah satu alternatif strategi belajar untuk mengajarkan materi luas dan volume limas dan prisma. Karena dengan menerapkan model tersebut, siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Selain itu, diharapkan adanya penelitian lebih lanjut yang mengkaji faktor-faktor lain sebagai pengembangan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD, Pendidikan Karakter, CD pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:14
Last Modified: 19 May 2014 10:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item