PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KARAKTER MODEL GROUP INVESTIGATION MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI MTs AL ASROR SEMARANG


Towiyah, 4401407096 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KARAKTER MODEL GROUP INVESTIGATION MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI MTs AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KARAKTER MODEL GROUP INVESTIGATION MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI MTs AL ASROR SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERWAWASAN KARAKTER MODEL GROUP INVESTIGATION MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI MTs AL ASROR SEMARANG)
Download (14MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi ekosistem memuat pesan moral konservasi. Perangkat pembelajaran berwawasan karakter materi ekosistem merupakan perangkat yang berorientasi pada pengembangan nilai- nilai dasar karakter peduli lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berwawasan karakter model group investigation (GI) pada materi ekosistem. Penelitian ini diawali dengan observasi awal mengenai jenis perangkat pembelajaran yang digunakan di MTs Al Asror pada materi ekosistem. Selanjutnya dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berwawasan karakter model group investigation materi ekosistem. Uji coba produk dilakukan dengan subjek siswa kelas VII MTs Al Asror. Sampel diambil dengan teknik convinience sampling. Desain uji coba menggunakan one group pretest and posttest.Instrumen penelitian terdiri dari angket kebutuhan, perangkat pembelajaran berwawasan karakter materi ekosistem, dan lembar penilaian.Validasi instrumen dilakukan oleh pakar dengan hasil 92% telah memenuhi kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi ekosistem di MTs Al Asror belum berwawasan karakter. Pengembangan perangkat tersebut penting dan mendesak.Uji kelayakan produk oleh pakar didapatkan skor 92% dari skor maksimal, dengan kriteria baik. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rincian kriteria kenaikan 38% tinggi, 35% sedang, dan 27% rendah. Penilaian afektif dilakukan dengan teknik penilaian antar teman dengan hasil penerapan karakter tanggung jawab sebesar 94%, kerjasama sebesar 96%, dan peduli lingkungan sebesar 84% . Pengaruh penggunaan produk, diuji dengan uji t-test yang menunjukkan bahwa penggunaan produk berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan penanaman nilai- nilai karakter ( thitung ≥ tt bel, thitung rata- rata =10,25 sedangkan ttabel= 2,04).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; model group investigation; materi saling ketergantungan dalam ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:16
Last Modified: 19 May 2014 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item