PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG


Siti Imroah, 4401407063 (2013) PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-ASROR GUNUNGPATI SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di MA Al-Asror Gunungpati Semarang diperoleh data bahwa nilai rata-rata biologi kelas XI IPA semester gasal 2011/2012 masih rendah yaitu sebesar 59 dimana nilai tersebut belum mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 61. Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode ceramah dengan bahan ajar buku paket, guru jarang melakukan praktikum serta memiliki laboratorium biologi dengan fasilitas yang cukup memadai meskipun masih bergabung dengan laboratorium fisika dan kimia. Keberadaan laboratorium (kegiatan praktikum) di sekolah dapat mendukung kegiatan pembelajaran serta mencapai tiga ranah tujuan pendidikan yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Belajar dengan mengaplikasikan teori dalam bentuk kegiatan laboratorium (praktikum) dapat meningkatkan kemampuan proses, kemampuan menyelesaikan masalah dan meningkatkan minat serta sikap siswa terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran biologi dengan memanfaatkan laboratorium terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XI IPA di MA Al-Asror Gunungpati Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Asror Gunungpati Semarang dengan desain one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 MA Al-Asror Gunungpati Semarang tahun ajaran 2012/2013, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Data yang diperoleh adalah hasil belajar siswa (pretest-posttest) dihitung dengan Ngain dan uji t, aktivitas siswa didukung dengan nilai afektif dan psikomotorik, dan tanggapan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  75% siswa aktif. Respons positif yang diberikan siswa terhadap pembelajaran didukung oleh nilai karakter dan keterampilan sosial, siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 masuk dalam kategori baik. Peningkatan nilai hasil belajar (pretest -posttest) kedua kelas sebesar 0,66 dan 0,63 masuk kriteria sedang. Hasil N-gain diperkuat dengan uji t diperoleh thitung > ttabel artinya terdapat perbedaan signifikan hasil pretest dan posttest. Hasil belajar siswa mencapai KKM ( 61) yang ditetapkan oleh guru biologi MA Al- Asror yaitu siswa yang tuntas belajar ≥ 85% dari jumlah siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemanfaatan laboratorium untuk pembelajaran biologi berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di MA Al-Asror Gunungpati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Laboratorium, Pembelajaran Biologi, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:16
Last Modified: 19 May 2014 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item