EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA


Zunaida Aisha, 4301409073 (2013) EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan classroom reflection assessment melalui cooperative learning efektif dalam peningkatan hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 setelah menganalisis data awal populasi yang hasilnya data berdistribusi normal dan homogenitasnya sama. Kedua kelas mendapatkan cooperative learning, namun hanya kelas eksperimen 1 yang mendapatkan classroom reflection assessment. Uji kesamaan dua varians menunjukkan varians data post test kedua kelas eksperimen sama. Hasil rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 81,14, kelas eksperimen 2 sebesar 76,03. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,274 lebih dari tkritis 1,993 untuk derajat kebebasan 73 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Nilai afektif dan psikomotorik siswa kedua kelas eksperimen dalam kategori baik dengan proporsi skor lebih dari X (rata-rata skor keseluruhan siswa). Hasil penelitian menunjukkan Classroom Reflection Assessment melalui Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: classroom reflection assessment; cooperative learning; hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 16:01
Last Modified: 04 Nov 2013 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item